Unduh Adobe Flash player

Cara Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap

Written By Om.makplus on Rabu, 01 Januari 2014 | 21.28

Bau badan merupakan masalah klasik yang dialami hampir setiap orang. Meski begitu, ini bukan hal yang bisa terus dibiarkan. Bau badan tak sedap dapat mengganggu kehidupan sosial dan kehidupan intim anda bersama pasangan. Jadi harus segera diobati.

Penyebab bau badan yang paling utama adalah keringat yang bercampur dengan bakteri. Mengkonsumsi makanan tertentu yang beraroma tajam bukan hanya menjadi penyebab bau mulut tapi juga bau badan.

Kebersihan memang sangat penting untuk dijaga dalam kasus bau badan. Namun ada beberapa kondisi bawaan yang membuat seseorang lebih rentan menderita bau badan. Sederet faktor risiko, antara lain:
    Bau Badan
  • Obesitas/berat badan berlebih.
  • Kebiasaan menyantap makanan yang kaya bumbu dengan aroma kuat.
  • Obat-obatan yang rutin dikonsumsi.
  • Kebersihan badan yang kurang terjaga.
  • Berada di lingkungan yang lembap dan panas, sehingga produksi keringat menjadi berlebih. Lingkungan panas dan lembap akan membuat bakteri juga tumbuh lebih baik, sehingga dapat membuat keringat lebih cepat terurai dan berbau.
  • Pakaian yang dikenakan juga dapat memengaruhi bau badan, misalnya bahan sintetik yang tidak menyerap keringat.

Cara Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap


Oke, setelah kita mengetahui apa saja penyebab bau bada, sekarang saatnya kita beralih ke pembahasan pokok, yaitu cara mengatasi bau badan.

1. Jaga kebersihan tubuh
Hal pertama dan utama yang harus diperhatikan jika ingin mengatasi bau badan adalah memperhatikan kebersihan tubuh secara menyeluruh. Anda bisa melakukannya dengan mandi dua atau tiga kali sehari. Mandi yang terlalu sering tidak dianjurkan karena akan mengikis kelembaban alami kulit.

2. Perhatikan makanan
Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan bau badan, misalnya bawang merah mentah, bawang putih, makanan pedas, santan, kari. Mulailah perbanyak makan buah dan sayura segar. Buah dan sayuran akan membantu melancarkan metabolisme tubuh.

3. Ganti pakaian
Menggunakan pakaian yang sudah tiga hari tidak dicuci, tentu saja akan menyebarkan bau tidak sedap dari tubuh anda meskipun anda sudah mandi dengan bersih. Jika Anda sering berkeringat, gunakan pakaian yang berbahan menyerap keringat. Agar bakteri tidak sempat bercampur keringat.

4. Mencukur bulu ketiak
Rambut ketiak sebenarnya berfungsi untuk menjaga kelembaban daerah ketiak. Namun, bulu ketiak yang terlalu lebat dapat menjadi sarang untuk keringat dan bakteri yang menyebabkan bau badan. Mencukur bulu ketiak yang terlau lebat dapat membantu mengurangi penyebab bau badan.

5. Gunakan deodorant
Bila perlu, gunakan deodorant sehabis mandi untuk menjaga ketiak tetap kering dan mencegah berkembangnya bakteri.

6. Sabun antiseptik
Menggunakan sabun antiseptik pada daerah ketiak dan selangkangan sewaktu mandi juga dapat membunuh bakteri dan membantu Anda menghindari bau badan.

7. Bahan alami
Beberapa orang menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bau badan. Diantaranya adalah meminum rebusan air daun sirih. Ada juga yang menggunakan rebusan kunyit dan gula aren.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa dipraktekan untuk mengatasi dan menghilangkan bau badan.

0 komentar:

Posting Komentar